SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan
Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar (KD)
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1
Menyadari
adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman
sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Diagram P-T
· Tekanan Uap
· Penurunan titik
beku
· Kenaikan titik
didih
· Osmosis, dan
tekanan osmotik
Sifat
koligatif larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
|
Mengamati (Observing)
· Membaca dan
mendengar dari berbagai sumber tentang
fenomena terkait sifat koligatif (memasak air dengan dan tanpa garam;
memasak dalam panci dengan dan tanpa tutup;
penggunaan garam di jalan bersalju, penggunaan garam dalam pembuatan
es puter, dll)
Menanya (Questioning)
· Mengajukan
berbagai pertanyaan terkait hasil observasi (mengapa memasak tanpa garam
lebih cepat mendidih, mengapa penggunaan garam membuat es puter tetap dingin,
mengapa digunakan garam untuk mencairkan salju, dll)
Mengumpulkan Data (Experimenting):
·
Mendiskusikan konsentrasi (fraksi mol dan molalitas) dan berlatih
menghitungnya.
·
Diskusi dalam kelompok, merancang percobaan, dan melakukan percobaan penurunan titik beku.
·
Menganalisis dari berbagai sumber terkait materi
sifat koligatif larutan lainnya (kenaikan titik didih, penurunan tekanan uap, dan tekanan osmosis).
.
Mengasosiasi (Associating):
·
Menyimpulkan penyebab sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap,
kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis )
·
Menghubungkannya konsentrasi (molalitas/fraksi
mol) dengan sifat koligatif larutan)
·
Berlatih menyelesaikan perhitungan kimia terkait
sifat koligatif larutan
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Mengkomunikasikan
hasil analisis terkait sifat koligatif larutan dengan cara lisan/tertulis,
menggunakan tata bahasa yang benar
Mengamati
(Observing)
·
Mempelajari data hasil percobaan tentang sifat
koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan berbagai pertanyaan terkait perbedaan
data percobaan sifat koligatif untuk larutan elektrolit dan larutan non
elektrolit.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan sifat larutan elektrolit dan larutan
non elektrolit.
·
Menghubungkan sifat larutan (elektrolit dan non elektrolit ) dengan
konsentrasi berdasarkan data percobaan.
·
Menganalisis hubungan antara sifat larutan (elektrolit dan non
elektrolit), konsentrasi dan sifat koligatif larutan.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan perbedaan sifat koligatif larutan
elektrolit dan larutan non elektrolit.
·
Menemukan formula untuk menghitung sifat koligatif
larutan elektrolit. (melibatkan faktor Van Hoff)
·
Berlatih menghitung sifat koligatif larutan
elektrolit menggunakan formula yang sudah ditemukan
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Menyajikan semua yang telah dipelajari
(lisan/tertulis) dengan menggunakan
tata bahasa yang benar
|
Tugas:
· Merancang
percobaan titik beku larutan
· Membuat diagram
P-T
Observasi
· Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan (saat mengukur
volume menimbang, membaca thermometer, dll)
Portofolio
-
Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang fraksi mol, kemolalan, diagram PT, tekanan
uap, titik beku, titik didih, tekanan
osmosis
·
Menyelesaikan perhitungan kimia terkait sifat
koligatif larutan
·
Menghitung sifat koligatif larutan elektrolit
menggunakan formula yang sudah ditemukan
|
3 mgg X 4 jp
|
Buku Kimia Kelas XII IPA dan situs yang relevan
|
|
1.2
Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan
transisi di alam Indonesia sebagai
bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran
rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti,
bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam
merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam
sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun,
toleran, cinta
damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
||||||
3.1
Menganalisis penyebab adanya fenomena sifat koligatif larutan pada penurunan
tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis.
|
||||||
3.2
Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan
larutan nonelektrolit.
|
||||||
4.1
Menyajikan
hasil analisis berdasarkan data percobaan terkait penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku,
dan tekanan osmosis larutan.
|
||||||
4.2
Mengolah dan
menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan
elektrolit dengan sifat koligatif larutan nonelektrolit yang konsentrasinya
sama.
|
||||||
1.1 Menyadari adanya
keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat
unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Penyetaraan
persamaan reaksi redoks
· Sel Elektrokimia
dan potensial sel
· Sel Elektrolisis
dan Hukum Faraday
· Korosi
|
Pengamatan (Observing)
· Membaca/mengamati/mendengar
dari berbagai sumber tentang persamaan reaksi redoks, contoh sel elektrokimia
dalam kehidupan (video, artikel, buku, dll)
· Mempelajari
video/artikel/animasi terkait proses sel elektrokimia dalam kehidupan
Menanya(Questioning)
· Menanyakan
hal-hal yang berhubungan dengan bahan bacaan/observasi (mengapa terjadi
reaksi? Bagaimana reaksi
terjadi? Kalau elektrodanya diganti apa yang akan terjadi? Bagaimana
merancang alatnya? Mengapa terjadi aliran listrik? Apa yang terjadi pada
kedua elektroda? dll.).
· Menanyakan hal-hal
yang berhubungan dengan bahan bacaan/observasi (sel volta : Bagaimana memprediksi reaksi terjadi atau tidak
dalam sel? apakah akan dihasilkan potensial bila elektroda dipertukarkan? Apakah akan
terjadi reaksi bila arus listrik diputuskan (elektrolisis)? Apakah ada hubungan antara arus
dengan jumlah zat yang terbentuk pada elektroda (elektrolisis)?
Mengumpulkan
data (Experimenting)
· Menganalisis reaksi yang terjadi (reaksi redoks)
· Menggunakan
aturan cara setengah reaksi dan perubahan
bilangan oksidasi untuk menyelesaikan persamaan redoks
· Merancang
percobaan terkait sel elektrokimia (sel volta dan sel elektrolisis), mendiskusikan
hasil rancangannya, kemudian melakukan percobaan dengan seksama dalam
kelompok.
· Mencatat data
hasil percobaan terkait yang terjadi di kedua elektroda, kutub negatif dan kutub
positif pada kedua elektroda, potensial sel terukur (sel volta), membedakan
hasil pengamatan sebelum dan sesudah menghubungkan arus listrik (pada sel
elektrolisis)
· Menuliskan reaksi
yang terjadi
· Membuktikan
reaksi yang terjadi/potensial yang dihasilkan bila elektroda dalam sel volta
dipertukarkan (bila menggunakan animasi)
· Menggunakan data
potensial sel untuk menentukan kespontanan reaksi
· Menggunakan hukum
Nernst dan deret Nernst untuk memprediksi/ menganalisis potensial sel.
· Menggunakan hukum
Faraday untuk menganalisis hubungan antara arus listrik yang digunakan dengan
jumlah hasil reaksi yang terjadi.
Mengasosiasi
(Associating)
· Menyimpulkan
bahwa dalam sel elektrokimia melibatkan reaksi redoks.
· Menyimpulkan
karakteristik sel elektrokimia.
· Menuliskan notasi
sel elektrokimia
· Menyimpulkan
kespontanan reaksi berdasarkan hasil analisis terhadap data pengamatan dan
berbagai sumber
· Menyimpulkan
hubungan antara arus dengan jumlah zat hasil reaksi dalam proses
elektrolisis.
· Berlatih
menentukan kespontanan reaksi elektrokimia berdasarkan data potensial
reduksi/oksidasi dan deret Nernst.
· Berlatih
memecahkan masalah terkait perhitungan kimia dalam elektrolisis menggunakan
hukum Faraday.
Mengkomunikasikan (communicating):
· Mengkomunikasikan
hasil percobaan secara lisan/tertulis menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengamati (Observing)
· Membaca dan
mempelajari artikel dari berbagai
sumber terkait proses korosi
Menanya(Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil observasi
mengapa korosi terjadi? reaksi apa yang terjadi pada korosi? Bagaimana cara mencegah korosi? , dll)
Mengumpulkan
data (Experimenting)
· Mendiskusikan
reaksi yang terjadi pada proses korosi
· Memprediksi/menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya
korosi menggunakan berbagai sumber.
· Mengajukan/memprediksi
gagasan untuk mengatasi/ mencegah terjadinya korosi (electroplating, cat,
perlindungan katodik, aliasi logam)
Mengasosiasi (Associating)
· Menyimpulkan
bahwa proses korosi melibatkan reaksi redoks
· Menyimpulkan
bahwa kelembaban, elektrolit, dan
udara (oksigen), mempengaruhi terjadinya korosi.
· Menyimpulkan
beberapa upaya untuk mengatasi/mencegah korosi
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan hasil analisis dan kesimpulan
berdasarkan percobaan /penalaran yang telah dilakukan secara lisan/tertulis
menggunakan tata bahasa yang benar
|
Tugas:
· Merancang
percobaan : Sel elektrokimia dan sel elektrolisis
· Menulis artikel
atau leaflet/brosur tentang korosi dan penyepuhan logam
Observasi
·
Sikap ilmiah saat melakukan percobaan, merangkai alat
sel elektrokimia dan sel elektrolisis dll) diskusi dan presentasi.
Tes tertulis
·
Penyetaraan persamaan reaksi redoks,
· Hubungan antara arus dengan jumlah zat hasil reaksi
dalam proses elektrolisis.
· Menentukan kespontanan reaksi elektrokimia
berdasarkan data potensial reduksi/ oksidasi dan deret Nernst.
· Memecahkan masalah terkait perhitungan kimia dalam
elektrolisis menggunakan hukum Faraday.
·
Menganalisis penyebab terjadinya korosi dan
mencari solusi untuk mencegah terjadinya korosi
|
4 mgg X 4 jp
|
Buku Kimia Kelas XII IPA dan situs yang relevan (terlampir)
|
|
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang
merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat
Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
||||||
3.3
Mengevaluasi gejala atau proses yang terjadi dalam
contoh sel elektrokimia (sel volta dan sel elektrolisis) yang digunakan dalam
kehidupan.
|
||||||
3.4
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan mengajukan ide/gagasan untuk mengatasinya.
|
||||||
3.5
Menerapkan hukum/aturan dalam perhitungan terkait sel
elektrokimia.
|
||||||
4.3 Menciptakan ide/gagasan produk sel elektrokimia.
|
||||||
4.4 Mengajukan ide/gagasan untuk mencegah dan mengatasi
terjadinya korosi
|
||||||
4.5 Memecahkan
masalah terkait dengan perhitungan sel elektrokimia
|
||||||
1.1 Menyadari adanya
keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat
unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
· Kelimpahan
unsur-unsur di alam
· Sifat fisis dan
sifat kimia unsur-unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah,periode 3,
dan periode 4.
·
Pembuatan unsur-unsur dan senyawa halogen, alkali,
alkali tanah, aluminium,nitro-gen, oksigen, belerang, silikon, besi,
kromium, tembaga.
· Kegunaan dan
dampak
unsur/senyawa bagi manusia dan lingkungan
|
Mengamati (Observing)
·
Mengkaji literatur tentang kelimpahan unsur-unsur di
alam, khususnya di Indonesia. Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung
unsur-unsur tertentu.
Menanya(Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang sifat-sifat dan kegunaan unsur-unsur gas mulia,
mengapa unsur logam dapat bersifat konduktor, sedangkan bukan logam tidak,
bagaimana memperoleh logam murni?, produk-produk apalagi yang dapat dihasilkan
dari bahan dasar unsur tertentu?
Mengumpulkan
data (Experimenting)
·
Kerja kelompok untuk mendiskusikan kelimpahan unsur/senyawa di
alam, khususnya di Indonesia.
·
Kerja kelompok dalam merancang dan melakukan percobaan dengan
seksama atau mengumpulkan data terkait sifat kimia unsur dalam satu golongan/periode
·
Menganalisis data tentang sifat-sifat fisis
(penampilan titik didih,titik leleh, kekerasan, konduktivitas,warna,
kerapatan) dan sifat-sifat kimia unsur-unsur
dalam satu golongan/satu periode
· Mengidentifikasi
/menggali informasi tentang cara memperoleh unsur murni dari bahan bakunya
· Mendiskusikan
kegunaan unsur/senyawa dalam kehidupan
Mengasosiasi
(Associating)
·
Menyimpulkan keberadaan unsur di alam, dalam sistem
periodik berdasarkan sifat fisik dan kimia yang dimiliki.
·
Menyimpulkan prinsip pembuatan unsur-unsur/senyawa
·
Menyadari adanya keteraturan dalam sifat-sifat
unsur yang diperoleh berkat penemuan kreatif para ahli.
·
Mensyukuri kelimpahan unsur di alam sebagai
anugerah Tuhan YME.
Mengkomunikaskan (Communicating)
· Membuat laporan percobaan tentang daya oksidasi
halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.
·
Mempresentasikan laporan percobaan tentang daya oksidasi halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok terkait dengan kelimpahan unsur di alam, sifat fisis dan sifat kimia, kegunaan, dan pembuatan unsur serta
produk yang mengandung unsur tertentu.
|
Tugas:
· Merancang dan melakukan percobaan tentang:
- Daya oksidasi
halogen
- Reaksi nyala
- Reaksi pengendapan
senyawa logam alkali tanah.
· Membuat bahan presentasi tentang
kelimpahan unsur, sifat fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.
Observasi
·
Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan dan presentasi tentang kelimpahan unsur, sifat
fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.
Portofolio:
·
Penulisan artikel atau leaflet/brosur tentang unsur-unsur
di alam, sifat fisis, sifat kimia, kegunaan, pembuatan dan dampak unsur/ senyawa
Tes tertulis
-
Menganalisis kelimpahan unsur
-
Mengidentifikasi sifat fisis dan sifat kimia unsur dalam
golongan/periode
-
Menjelaskan proses pembuatan unsur/senyawa
-
Menentukan kegunaan unsur/senyawa
|
8 mgg X 4 jp
|
Buku Kimia Kelas XII IPA dan situs yang relevan (terlampir)
|
|
1.2 Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan
transisi di alam Indonesia sebagai
bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran
rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
||||||
3.6
Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat,
dampak, proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen,
alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan
senyawanyadalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||
4.6 Menalar dan menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik
dan sifat kimia, manfaat, dampak, proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali
tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan senyawanyadalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||
1.1 Menyadari adanya
keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat
unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa:
· Halo alkana
|
Mengamati (Observing):
·
Menggali informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang:
rumus struktur (gugus fungsi), tatanama,
sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa-senyawa haloalkana yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari .
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan
pertanyaan bagaimana senyawa haloalkana dapat merusak ozon, bagaimana cara
menanggulanginya, dan apa manfaat senyawa haloalkana dalam kehidupan serta
bagaimana menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa haloalkana
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa
haloalkana
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama
senyawa haloalkana
·
Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia
senyawa-senyawa haloalkana dari literatur.
·
Menganalisis reaksi identifikasi senyawa
haloalkana
·
Mendiskusikan kegunaan senyawa haloalkana dalam
kehidupan (bidang farmasi, industri)
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya.
·
Menghubungkan rumus molekul dengan rumus
struktur (isomer)
Mengkomunikasikan
(Communicating)
·
Menyampaikan secara tertulis atau lisan tentang
senyawa haloalkana yang dapat merusak ozon dan cara penanggulangannya.
·
Mengkomunikasikan kegunaan senyawa haloalkana
dalam kehidupan (bidang farmasi,
industri)
|
Tugas:
·
Menulis artikel “Penggunaan senyawa CFC, dampak, dan penanggulangan nya
·
Membuat peta konsep tentang gugus fungsi dan
reaksi dari turunan alkana
Observasi
·
Sikap ilmiah pada saat diskusi, dan presentasi.
Portofolio
· Artikel yang ditulis
· Peta konsep
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang: Struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi
senyawa haloalkana
|
1 mgg x 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia Karbon
|
|
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan
utama dan golongan
transisi di alam Indonesia sebagai
bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran
rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3
Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif
serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
||||||
3.7 Menganalisis
struktur, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol,
alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
|
||||||
4.7
Menalar
dan menganalisis struktur, tata nama, sifat dan
kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal,
alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat).
|
Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa:
·
Alkanol dan Alkoksi alkana
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/ menyimak tentang: rumus struktur (gugus fungsi), tata-nama, sifat, identifikasi dan kegunaan
senyawa-senyawa alkanol dan alkoksi alkana yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari .
Menanya (Questioning)
·
Bagaimana senyawa alkohol
tertentu dapat menjadi alternatif
bahan bakar.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa
alkanol dan alkoksi alkan
· Mendiskusikan
aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa alkanol dan alkoksi alkan
· Mengumpulkan data
sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa alkanol dan alkoksi alkan, serta
senyawa polialkohol, pembuatan alkohol
dengan cara fermentasi, dan cara membedakan alkohol dengan eter dari
literatur.
· Membedakan
alkohol primer, alkohol sekunder,
dan alkohol tertier.
· Merancang,
kemudian melakukan percobaan untuk mengidentifikasi alkanol dan
alkoksi alkan
· Menganalisis
reaksi identifikasi senyawa alkanol dan alkoksi alkan
· Mendiskusikan
kegunaan senyawa alkanol dan alkoksi alkan dalam kehidupan (bidang farmasi, industri)
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya.
· Menghubungkan
rumus molekul dengan rumus struktur
(isomer)
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Membuat
laporan percobaan tentang cara membedakan alkohol primer, alkohol sekunder,
dan alkohol tertier serta
mempresentasikannya.
·
Mempresentasikan ide/gagasan penggunaan alkanol
sebagai alternatif bahan bakar.
· Mengkomunikasikan
kegunaan senyawa alkanol dan alkoksi alkan
dalam kehidupan (bidang farmasi)
|
Tugas:
·
Menulis ide /gagasan penggunaan alkanol sebagai alternatif bahan bakar.
·
Merancang percobaan identifikasi alkanol dan alkoksi alkan
Observasi
·
Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan (menggunakan pipet tetes, mengukur volume
dll) dan diskusi, serta presentasi.
Portofolio
· Artikel yang ditulis
· Laporan hasil
percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang: Struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi
senyawa alkanol dan
alkoksi alkan
|
1 mgg x 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia Karbon
|
|
|
Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa:
·
Alkanal dan Alkanon
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/menyimak tentang struktur,
gugus fungsi, tata-nama,
identifikasi dan kegunaan senyawa-senyawa alkanal dan alkanon.
Menanya (Questioning)
·
Formalin digunakan untuk pengawet preparat (contoh mayat ) apakah
formalin juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan?
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa Alkanal dan Alkanon
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama
senyawaAlkanal dan Alkanon
·
Mengumpulkan data sifat fisis, sifat kimia
senyawa-senyawa Alkanal dan Alkanon, serta
identifikasiAlkanal dan Alkanon dari literatur.
·
Merancang, kemudian melakukan percobaan tentang
identifikasi Alkanal dan Alkanon (misal
dengan larutan Fehling dan Tollens).
· Mendiskusikan
kegunaan senyawa Alkanal dan Alkanon dalam kehidupan
(bidang farmasi, industri)
Mengasosiasi (Associating)
·
Menentukan rumus struktur senyawa-senyawa Alkanal dan Alkanon dari rumus molekul tertentu, isomer dan
namanya.
· Menghubungkan
rumus struktur senyawa dengan sifat
kimianya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Mengkomunikasikan secara tertulis (membuat laporan tertulis) atau lisan tentang hasil identifikasi Alkanal dan Alkanon.
|
Tugas
·
Mencari artikel tentang kegunaan dan bahaya
formalin
·
Merancang percobaan identifikasi alkanal dan alkanon
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan,
diskusi, dan presentasi
Portofolio
· Artikel yang
ditulis
· Laporan hasil
percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang struktur,
tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa: alkanal (aldehid) dan alkanon (keton)
|
1 mgg x 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia Karbon
|
|
|
Struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa:
· Asam alkanoat
· Alkil alkanoat
|
Mengamati (Observing):
·
Menggali informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak
tentang gugus fungsi, tata-nama, sifat dan kegunaan senyawa-senyawa asam
alkanoat dan alkil alkanoat
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan,asam cuka dapat digunakan
sebagai penambah rasa pada makanan apakah asam alkanoat yang lain juga bisa?
·
senyawa-senyawa ester apa saja yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa
asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama
senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·
Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia
senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat dari literatur.
·
Merancang, kemudian melakukan percobaan pembuatan
alkil alkanoat
· Mengumpulkan data
untuk menjawab pertanyaan: senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat apa
saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus molekul dengan senyawa asam
alkanoat dan alkil alkaoat (isomer).
· Menghubungkan
rumus struktur senyawa dengan sifat
kimianya
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Mengkomunikasikan
secara tertulis (membuat
laporan tertulis) atau lisan
tentang hasil percobaan pembuatan ester.
· Menyampaikan
secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat
yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
·
Mencari ester (alkil alkanoat) yang sering
digunakan dalam industri makanan/minuman
·
Merancang percobaan esterifikasi
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan (mengukur volume, suhu,
meneteskan larutan, dll), dan diskusi, serta presentasi
Portofolio
· Laporan hasil
percobaan
Tes tertulis
· Pemahaman tentang struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan
identifikasi senyawa asam alkanoat
(asam karboksilat) dan
alkil alkanoat (ester)
|
1 mgg X 4 jp
|
· Buku Kimia Kelas
XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia
tentang Kimia Karbon
|
|
1.1 Menyadari adanya
keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat
unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
Struktur, tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan turunannya.
|
Mengamati (Observing):
·
Mencari
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tatanama, sifat dan
kegunaan benzen dan turunannya.
Menanya
(Questioning)
·
Mengapa TNT dapat digunakan sebagai bahan peledak
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa
benzen dan turunannya
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama
senyawa benzen dan turunannya
·
Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia
senyawa benzen dan turunannya
(penyebab kestabilan benzen, reaksi-reaksi substitusi meliputi: nitrasi,
sulfonasi, halogenasi, dan alkilasi dll)
dari literatur.
·
Mendiskusikan kegunaan benzen dan turunannya
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan
secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa benzen dan turunannya yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
·
Mencari literatur/artikel tentang bahaya zat
pewarna (diazo) tekstil bila digunakan untuk makanan
·
Membuat peta konsep tentang senyawa benzen dan
turunannya
Observasi
· -
Portofolio
-
Peta konsep
-
Artikel yang ditulis
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang struktur, tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan turunannya.
.
|
2 mgg X 4 jp
|
· Buku Kimia Kelas
XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia
tentang Kimia Karbon
|
|
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di
alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang
digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
||||||
3.8
Menganalisis struktur, tata nama, sifat, dan kegunaan
benzen dan turunannya.
|
||||||
4.8
Menalar dan menganalisis struktur, tata
nama, sifat, dan kegunaan benzen dan turunannya.
|
||||||
1.1 Menyadari adanya
keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat
unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
Struktur, tata nama, sifat, penggunaan dan penggolongan Polimer
|
Mengamati (Observing):
·
Menggali informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak
tentang jenis monomer, jenis reaksi pembentukannya, polimer dalam kehidupan sehari-hari dll.
Menanya (Questioning)
·
Menyusun pertanyaan bagaimana cara polimer
terbentuk.
·
Apa dampak penggunaan polimer sintetis dalam
kehidupan
·
Mengapa plastik sukar dibiodegradasi
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama polimer
·
Mengumpulkan data pembentukan polimerisasi adisi
dan polimerisasi
kondensasi dari literatur.
·
Mengumpulkan data tentang dampak penggunaan
polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulangannya.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan
nama monomer, jenis polimerisasinya,
nama polimer yang terbentuk, sifat-sifat dan kegunaannya dalam
kehidupan.
Mengkomunikasikan
(Communicating)
·
Menyampaikan secara tertulis dan mempresentasikan
dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulangannya.
|
Tugas
·
Menulis tentang “Dampak penggunaan polimer
sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulanganya
Observasi
-
Portofolio
· Mengumpulkan data
tentang penggunaan plastik dan dampaknya
dalam kehidupan, serta usaha penanggulangan.
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan penggolongan Polimer
|
1 x mgg X 4 jp
|
· Buku Kimia Kelas
XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia
tentang Kimia Karbon
|
|
1.2 Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan
transisi di alam Indonesia sebagai
bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran
rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
Struktur, tata nama, sifat,penggolongan, dan kegunaan
Karbohidrat
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tata nama, sifat, penggolongan, dan
kegunaan karbohidrat (monosakarida, disakarida, dan polisakarida).
Menanya (Questioning)
·
Menyusun pertanyaan tentang bagaimana struktur disakarida dan
polisakarida dan bagaimana hidrolisis polisakarida.
·
Apakah gula sintetis termasuk karbohidrat
· Apa yang
menyebabkan penyakit diabetes (gula darah tinggi) dan bagaimana
mengidentifikasinya
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus struktur, penggolongan dan
isomer senyawa karbohidrat
·
Merancang, kemudian melakukan percobaan uji
glukosa, selulosa dan amilum.
· Mendiskusikan
kegunaan senyawa karbohidrat
Mengasosiasi
(Associating)
·
Mengolah data
dan menyimpulkan hasil percobaan.
· Menghubungkan hasil percobaan uji glukosa, selulosa dan
amilum dengan konsep reaksi hidrolisis polisakarida
Mengkomunikasikan
(Communicating)
· Mengkomunikasikan secara tertulis (membuat laporan tertulis) atau lisan tentang hasil percobaan uji
glukosa, selulosa dan amilum.
|
Tugas
· Membuat peta
konsep tentang karbohidrat
· Merancang
percobaan uji karbohidrat
Observasi
· Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan
uji glukosa, selulosa, dan amilum
Portofolio
· Peta konsep
· Laporan hasil
percobaan
Tes tertulis
· Pemahman tentang struktur, sifat dan penggolongan Karbohidrat
|
2 mgg X 4 jp
|
· Buku Kimia Kelas
XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia
tentang Kimia Karbon
|
|
3.9
Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan
makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
|
||||||
4.9 Menalar dan menganalisis
struktur, tata nama, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat,
dan protein)
|
||||||
|
Struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan penggolongan Protein
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan
penggolongan protein.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan tentang struktur asam amino, ion zwitter, variasi
struktur asam amino dengan harga pH, asam amino esensial dan
non-esensial, asam nukleat struktur
protein serta kegunaannya.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama
protein
·
Mengumpulkan data struktur asam amino, ion
zwitter, variasi struktur asam amino dengan harga pH, asam amino esensial dan
non-esensial, asam nukleat, struktur
proteinserta kegunaannya
·
Merancang, kemudian melakukan percobaan uji
protein.
· Mengamati dan
mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah dan menyimpulkan hasil percobaan.
· Menghubungkan hasil percobaan uji protein dengan struktur
protein dan sifat-sifatnya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan
secara tertulis (membuat
laporan tertulis) atau lisan
tentang hasil percobaan uji protein.
|
Tugas
· Membuat peta
konsep tentang protein
· Merancang
percobaan uji protein
Observasi
· Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan uji
protein
Portofolio
· Peta konsep
· Laporan hasil
percobaan
Tes tertulis
· Pemahaman tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan
penggolongan: protein.
|
1 mgg X 4 jp
|
· Buku Kimia Kelas
XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia
tentang Kimia Karbon
|
|
1.1 Menyadari adanya
keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat
unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan
tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
Struktur,
tata nama, sifat,penggolongan, dan kegunaan Lemak
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tata nama, sifat,penggolongan, dan
kegunaan lemak.
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang struktur
lemak, tata nama lemak, reaksi hidrogenasi lemak, perbedaan lemak dan minyak,
komposisi asam lemak dalam minyak dan
lemak.
· Apa yang
menyebabkan obesitas pada manusia
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama
lemak
·
Mengumpulkan data tentang struktur lemak, reaksi
hidrogenasi lemak, perbedaan lemak dan minyak, komposisi asam lemak dalam minyak dan lemak.
·
Mendiskusikan kegunaan lemak dan minyak
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan
struktur lemak (misalnya
struktur omega -3, omega-6, omega-9, struktur lemak lain) dengan
kesehatan manusia.
·
Mempresentasikan sifat, kegunaan, dan pengaruh lemak bagi kesehatan manusia.
|
Tugas:
·
Menulis artikel/ leaflet /brochure
tentang “Sifat dan kegunaan lemak bagi manusia”
Observasi
-
Portofolio
· Artikel yang ditulis
Tes tertulis
· Pemahaman tentang struktur, tata nama, sifat, penggolongan, dan kegunaan lemak
|
1 mgg X 4 jp
|
· Buku Kimia Kelas
XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia
tentang Kimia Karbon
|
|
1.2
Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan
transisi di alam Indonesia sebagai
bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran
rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka,
mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab,
kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan
melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat keputusan.
|
||||||
3.10 Menganalisis struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan
kegunaan lemak
|
||||||
4.10 Menalar dan menganalisis struktur, tata nama,
penggolongan, sifat, dan pengaruh
lemak bagi tubuh manusia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar