Kamis, 16 Januari 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Materi Alkil Alkanoat dan Benzena serta Turunannya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA MATERI ALKIL ALKANOAT DAN BENZENA BESERTA TURUNANNYA

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
Nama Sekolah           : 
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XII IPA / 2
Standar Kompetensi :  4. Memaha­­­­mi senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.
 
Kompetensi dasar     : 
4.1. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi ­­­senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)
4.2. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya.
4.3.  Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
4.4. Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
  • Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
  • Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
  • Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
  • Menjelaskan sifat-sifat  fisik senyawa karbon.
  • Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
  • Menuliskan reaksi senyawa karbon
Ø  reaksi oksidasi
Ø  reaksi adisi
Ø  reaksi substitusi
Ø  reaksi eliminasi
  • Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
  • Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.
  • Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
  • Menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.
  • Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
  • Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain 
  • Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
  • Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
  • Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
  • Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan
  • Menggolongkan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa.
  • Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim.
  • Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen
  • Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
  • Menentukan gugus peptida pada protein.
  • Menuliskan rumus struktur  dan nama lemak dan minyak
  • Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
  • Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
  • Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
Tujuan:
Siswa dapat,
1)      Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
2)      Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
3)      Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
4)      Menjelaskan sifat-sifat  fisik senyawa karbon.
5)      Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
6)      Menuliskan reaksi senyawa karbon
Ø  reaksi oksidasi
Ø  reaksi adisi
Ø  reaksi substitusi
Ø  reaksi eliminasi
7)      Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
8)      Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.
9)      Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
10)  Menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.
11)  Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
12)  Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain 
13)  Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
14)  Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
15)  Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
16)  Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan
17)  Menggolongkan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa.
18)  Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim.
19)  Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen
20)  Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
21)  Menentukan gugus peptida pada protein.
22)  Menuliskan rumus struktur  dan nama lemak dan minyak
23)  Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
24)  Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
25)  Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
Materi Ajar    : 
Ø  struktur dan tata nama senyawa karbon
Ø  isomer
Ø  Sifat-sifat fisis dan sifat-sifat kimia senyawa karbon
Ø  reaksi senyawa karbon.
Ø  kegunaan senyawa karbon
Ø  Struktur dan tata nama benzena dan turunannya
Ø  reaksi benzena
Ø  sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
Ø  kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.
Ø  polimer
Ø  Karbohidrat
Ø  Protein
Ø  Rumus struktur dan nama lemak
Ø  Penggolongan lemak dan minyak
Ø  Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
Ø  Fungsi dan peran lemak dan minyak
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan
Alokasi Waktu
  • 40 Jam pelajaran
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya dan makromolekul
·        Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.
·        Mendiskusikan pengertian ortho, meta, dan para
·        Menentukan rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas
·        Mendeskripsikan struktur, tatanama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi
·        Siswa dapat Mendeskrip-sikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
·        Siswa dapat Mendeskrip-sikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya
·        Siswa dapat Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
·        Siswa dapat Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Menyapaikan program semester
o   Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Latihan memberi nama dari berbagai jenis senyawa.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menganalisis data  titik didih dan titik leleh senyawa karbon  untuk menjelaskan sifat-sifat fisik melalui diskusi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengkaji  reaksi senyawa karbon dalam diskusi kelas(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mendiskusikan pengertian ortho, meta dan para.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya melalui diskusi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Melalui diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari.  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengamati dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sisntetik dan polimer alam dalam kerja kelompok  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menentukan reaksi polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya (kopolimer dan homopolimer,  polimer adisi dan polimer kondensasi) melalui diskusi.
(Sebagai penerapan dari teori yang dipelajari bagi daerah yang terdapat industri penghasil polimer seperti karet sintetis, serat sintetis dan sebagainya agar memanfaatkan industri tersebut sebagai sumber bahan belajar) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menentukan golongan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa dalam diskusi kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim dalam diskusi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan berbagai reagen dalam kerja kelompok (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menentukan rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan materi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
o   Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
o   PPK

           Tagihan KIM-3101MP (Lihat kartu Soal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar